I. PENDAHULUAN
Media sebagai salah satu komponen dalam
kegiatan belajar mengajar dan sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran
dipilih atas dasar tujuan dan bahan pelajaran yang telah ditetapkan. Oleh
karena itu, guru sebagai subyek pembelajaran yang harus dapat memilih media dan
sumber belajar yang tepat. Sehingga bahan pelajaran yang disampaikan dapat
diterima siswa dengan baik, dan dapat membantu siswa memperoleh pengetahuan,
ketrampilan, ataupun sikap.
Menurut
gagne dan briggs (1975) mengatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang
secaara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran,yang terdiri
dari buku, tape-recorder, kaset, video
kamera, visio recorder, film, slide, foto, gambar, grafik, televisi dan komputer.
Disini
kami akan membahas tentang beberapa media pembelajaran diantaranya media Audio,
OHP, Filmstrip, Film, Slide, dan Televisi. Bagaimana peran dalam proses
pembelajaran beserta kelemahan dan kelebihannya.
Untuk lebih jelasnya marilah kita simak makalah ini.
II. RUMUSAN MASALAH
II. RUMUSAN MASALAH
Dari pembahasan materi terhadap karateristik media pembelajaran ini, ada beberapa rumusan masalah yang kami bahas diantaranya:
A.
Apa
yang dimaksud dengan media OHP dan Audio ?
B.
Apa
yang dimaksud dengan media Filmstrip?
C.
Apa
yang dimaksud dengan media Slide ?
D.
Apa
yang dimaksud dengan media Video dan Film ?
E.
Apa
yang dimaksud dengan media Televisi ?
III. PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Media OHP dan Audio
1.
Pengertian
Media OHP ( Over Head Pojector)
Transparansi yang diproyeksikan adalah visual baik berupa huruf, lambang, gambar, grafik, atau gabungannnya pada lembaran bahan tembus pandang atau plastik yang dipersiapkan untuk diproyeksikan ke suatu layar atau dinding melalui sebuah proyektor.[1]
Adapun cara-cara penggunaan media OHP sebagai berikut:a. Pastikan bahwa proyektor, lampu, dan layar bersih serta berfungsi dengan baikb. Tempatkan layar dengan tepat sehingga semua peserta dapat melihatc. Cek dengan cermat ukuran huruf dan tentukan jarak antara proyektor sehingga gambar di layar dapat dilihatd. Susun urutan trasparansi sesuai dengan urutan penayangane. Dengan menggunakan karton atau kertas menutupi bagian transparansif. Materi yang kompleks dapat disederhanakan dengan menggunakan penutup, sehingga pembicara dapat menjelaskan tahap demi tahapg. Penunjuk dari baja dapat digunakan sebagai alat penunjukh. Pulpen pemberi tanda atau pensil berminyak dapat digunakan untuk menggaris bawahi hal-hal yang penting.[2]Media OHP juga memiliki suatu kelemahan dan kelebihan diantaranya yaitu :1) Kelebihannya sebagai berikuta. Proyektor dapat digunakan di depan kelasb. Gambar yang diproyeksikan dapat dilihat dalam ruangan yang terangc. Transparansi OHP mudah disiapkand. Transparansi dapat digunakan secara berulang-ulang dan mudah disimpane. Tidak diperlukan operator khususf. Gambar yang terproyeksi selalu terlihat penuh oleh instruktur sementara ia berada di depan kelas2) Kelemahan menggunakan media OHP :a. Fasilitas OHP harus tersediab. Listrik harus memadaic. Layar harus tersediad. Memerlukan waktu dan kreatifitas untuk mengembangkan trasparansi yang bagus.[3]
2. Pengertian Media AudioMedia audio adalah media yang penyampaian pesannya hanya dapat diterima oleh indera pendengaran. Pesan atau informasi yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambing-lambang aiditif yang berupa kata-kata, musik, dan sound effect.Secara umum media audio memiliki karakteristik atau ciri sebagai berikut: mampu mengatasi keterbatasan ruang dan waktu (mudah dipindahkan dan jangkauannya luas), pesan atau program dapat direkam dan diputar kembali sesukanya, dapat mengembangkan daya imajinasi dan merangsang partisipasi aktif pendengarnya, dapat mengatasi masalah kekurangan guru, sifat komunikasinya hanya satu arah, sangat sesuai untuk pengajaran musik dan bahasa, dan pesan atau informasi atau program terikat dengan jadwal siaran (pada jenis media radio).Audio dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem-sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan atau penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainnya.Adapun macam-macam Audio yaitu sebagai berikut :a. Audiovisual, perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dan sebagainya.b. Audio Streaming, istilah yang biasanya dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live (langsung) melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer . Bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.c. Audio reespons, suara yang dihasilkan oleh komputer.Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.d. Audio Oscillator, merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia.e. Audio Modem Riser, sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang diperlukan untuk operasi modem dan audio.Sama seperti media – media pembelajaran yang lain media audio juga memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu:1) Kelebihan Media AudioKelebihan Media Audio , Sadiman ( 2005 : 50 ) , adalah :a. Harga murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV.b. Sifatnya mudah untuk dipindahkan.c. Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.d. Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.e. Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa.f. Dapat menggantikan Guru dengan lebih baik, misalnya menghadirkan ahli dibidang – bidang tertentu, sehingga kelemahan guru dalam mengajar tergantikan.g. Pelajaran lewat radio bisa lebih bermutu baik dari segi ilmiah maupun metodis. Ini mengingat Guru kita terkadang jarang mempunyai waktu yang luang dan sumber untuk mengadakan penelitian.h. Dapat menyajikan laporan seketika, karena biasanya siaran – siaran yang aktual itu dapat memberikan kesegaran pada sebagian besar topik.i. Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.2) Kekurangan Media AudioKekurangan Media Audio, Arsyad( 2003 : 46 ) , adalah :a. Dalam suatu rekaman sulit menemukan lokasi suatu pesan atau informasi, jika pesan atau informasi tersebut berada ditengah – tengah pita, apalagi jika radio, tape tidak memiliki angka – angka penentuan putaran.b. Kecepatan rekaman dan pengaturan trek yang bermacam – macam menimbulkan kesulitan untuk memainkan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda.Sedangkan menurut Rivai ( 2005 : 131 ) penggunaan Media Audio dalam dunia pengajaran memiliki kekurangan antara lain :a. Memerlukan suatu pemusatan pada suatu pengalaman yang tetap dan tertentu, sehingga pengertiannya harus didapat dengan cara belajar khusus.b. Media Audio yang menampilkan symbol digit dan analog dalam bentuk auditif adalah abstrak, sehingga pada hal-hal tertentu memerlukan bantuan pengalaman visual.c. Karena abstrak, tingkatan pengertiannya hanya bisa dikontrol melalui tingkatan penguasaan pembendaharaan kata-kata atau bahasa, serta susunan kalimat.d. Media ini hanya akan mampu melayani secara baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berfikir abstrak.e. Penampilan melalui ungkapan perasaan atau symbol analog lainnya dalam bentuk suara harus disertai dengan perbendaharaan pengalaman analog tersebut pada si penerima. Bila tidak bisa maka akan terjadi kesalah pahaman.[4]
B. Pengertian Media Filmstrip
Filmstrip atau film rangkai atau film gelang adalah media visual proyeksi diam, yang pada dasarnya hampir sama dengan media slide. Hanya filmstrip ini terdiri atas beberapa film yang merupakan satu kesatuan (merupakan gelang dimana antara ujung yang satu dengan ujung yang lainnya bersatu). Jumlah frame atau gambar dari suati filmstrip ada yang berjumlah 50 buah dan ada pula yang berjumlah 75 buah dengan panjang 100 sampai dengan 130 cm. Kelebihan filmstrip dibanding film slide adalah media filmstrip mudah penggandaannya karena tidak memerlukan bingkai, juga frame-frame filmstrip tidak akan tertukar karena merupakan satu kesatuan. Akan tetapi pengeditan dan perbaikan atau revisi filmstrip relatif agak sukar, karena harus dilakukan dilaboratorium khusus.
C.
Pengertian
Media Slide
Media slide atau film bingkai adalah media
visual yang diprokyeksikan melalui alat yang disebut dengna proyektor slide.
Slide atau film bingkai terbuat dari film positif yang kemudian diberi bingkai
yang terbuat dari karton atau plastik. Sebuah program slide biasanya terdiri
atas beberapa bingkai yang banyaknya tergantung pada bahan atau materi yang
akan disampaikan.
Slide
juga merupakan suatu film trasparansi yang berukuran 35 mm dengan bingkai 2x2 inci. Jika film 35
bewarna digunakan akan menghasilkan transparansi berwarna. Progam visual dapat
dikombinasikan dengan suara yang dikenal dengan slide bersuara. Progam slide
bersuara biasanya berkisar 10 sampai 30 menit dengan jumlah gambar yang
berfariasi dari 10 sampai 100 buah lebih.[5]
Adapun kelemahan dan kelebihan dari media Slide yaitu sebagai berikut :1) Kelebihan menggunakan media Slide :a. Urutan gambar dapat diubah-ubah sesuai kubutuhanb. Dapat dibuat individu dengan biaya murahc. Dapat dibuat dengan warna hitam putihd. Penangan slide dapat diperpendek atau diperpanjang waktunya sesuai dengan kebutuhan2) Kelemahan menggunakan media Slide :a. Gambar dan grafik visual tadak yang digunakan tidak bergerakb. Memerlukan kerja sama dengan orator proyektor selama presentasi,kecuali dengan menggunakan rempte kontrolc. Memerlukan tegangan utama dan pemeliharaan yang baik.
D.
Pengertian
Media Film dan Media Video
1. Media Film
1. Media Film
Film disebut juga gambar hidup (motion pictures), yaitu serangkaian gambar diam (still pictures) yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak. Film merupakan media yang menyajikan pesan audiovisual dan gerak. Oleh karena itu, film memberikan kesan yang impresif bagi pemirsanya. Ada beberapa jenis film, diantaranya film bisu, film bersuara, dan film gelang yang ujungnya saling bersambungan dan proyeksinya tak memerlukan penggelapan ruangan.Film juga dapat diartikan sebagai gambar-gambar dalam frame dimana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar itu hidup. Film biasanya digunakan untuk hiburan, dokumentasi, dan pendidikan.[7]Adapun kelebihan dan kelemahan saat menggunakan media Film yaitu :1) Kelebihan menggunakan media film :a. Menarik perhatianb. Dapat menayangkan acara atau peristiwa yang telah terjadic. Dapat diperpendek dan diperpanjang waktunyad. Dapat digunakan untuk menggambarkan tindakan secara jelas, cepat dan berulang-ulang.[8]2) Kelemahan menggunakan media film :a. Memerlukan biaya yang mahal dan waktu yang banyakb. Kurang efektif untuk memberikan pengajaran yang sesungguhnyac. Film yang tersedia tidak selalu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar, kecuali film dirancang khusus untuk kebutuhan sendiri.
2. Pengertian Media Video
Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Serangkaian gambar gerak yang disertai suara yang membentuk satu kesatuan yang dirangkai menjadi sebuah alur, dengan pesan-pesan didalamnya untuk ketercapaian tujuan pembelajaran yang disimpan dengan proses penyimpanan pada disk.[9]Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Video juga bisa dikatakan sebagai gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu. Gambar-gambar yang digabung tersebut dinamakan frame dan kecepatan pembacaan gambar disebut dengan frame rate.Ada beberapa macam-macam Video :1) Video IP Adalah video yang dilewatkan melalui IP. Terdapat tiga kategori video pada saat mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog.2) Video RAM Disingkat dengan VRAM. Tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan chips DRAM yang konvensional.Kelebihan dan kelemahan Video juga terdapat disini yaitu :1) Kelebihan menggunakan media video :a. Memberikan pesan yang dapat diterima secara lebih merata oleh siswab. Sangat bagus untuk menerangkan suara prosesc. Mengatasi keterbatasan ruang dan waktud. Dapat diulang dan dihentikan sesuai dengan kebutuhane. Memberikan kesan yang mendalam, yang dapat memengaruhi sikap siswa.[10]2) Kelemahan menggunakan media video :a. Jangkauannya terbatasb. Sifat komunikasinya satu arahc. Gambarnya relatif kecil
E. Pengertian Media Televisi
Televisi adalah system elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup melalui kabel atau ruang. Sistem ini menggunakan peralatan yang mengubah cahaya dan suara kedalam gelombang elektrik dan mnegkonversinya kembali kedalam cahaya yang dapat dilihat dan suara yang dapat didengar. Ketika kita menyaksikan siaran peristiwa disuatu tempat seakan akan kiata mengamati dan mengalami pengalaman kehidupan nyata.Televisi pendidikan adalah penggunaan progam video yang direncanakan untuk mencapai tujuan pengajaran. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar melalui progam televise untuk berbagai macam progam pelajaran dapat menguasai pelajaran tesebut sama seperti mereka yang mempelajarinya dengan tatap muka dengan guru kelas.[12]Kelebihan dan kelemahan televisi yaitu :1) Kelebihan menggunakan media televisi :a. Dapat memancarkan berbagai jenis bahan audio visual termasuk gambar diam, film, objek, dan dramab. Dapat menyajikan model dan contoh-contoh baik bagi siswac. Dapat menyajikan progam progam yang dapat dipahami oleh siswa dengan usia dan tingkatan yang berbeda-bedad. Televisi dapat menghemat waktu guru dan siswa.[13]2) Kelemahan menggunakan media televisi :a. Televisi hanya mamapu menyajikan komunikasi satu arahb. Guru tidak memiliki kesempatan untuk merevisi filmc. Layar televisi tidak dapat menjangkau kelas yang besard. Dikhawatirkan siswa yang tidak memiliki hubungan pribadi dengan guru, akan bersikap pasif selama penanyangan.
IV. KESIMPULAN
Teknik-teknik pembelajaran ada banyak berbagai cara dan macamnya,
baik yang sederhana maupun termodern sekalipun. Banyak yang dapat kita pelajari
dari pembelajaran media ini. Media pembelajaran sederhana biasanya menggunakan
cara-cara langsung atau bisa dilihat, dipegang maupun dipraktekkan langsung.
Sedangkan media pembelajaran yang menggunakan teknologi modern seperti OHP,
Video, Slide, Filmstrip, Film, Audio, dan Televisi. Media pembelajaran yang
menggunakan teknologi modern lebih efektif dan efisien. Dapat juga
mempersingkat waktu dalam penggunaannya.
Media OHP memiliki arti proyeksi yang transparan maksudnya berupa
bahan tembus pandang terbuat dari mika atau plastik yang nanti akan disorotkan
secara langsung keproyektor. Media Video dapat diartikan sebagai gabungan
gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dan kecepatan
tertentu, bisa disebut juga teknologi yang dapat menangkap, merekan,
mentransmisikan, dan menata ulang gambar bergerak. Slide adalah suatu film
transparan yang dapat bersuara dan bergerak.
Media Filmstrip yaitu film rangkai atau film gelang yang dimana
antara ujung yang satu dengan yang lainnya bersatu. Film merupakan media
komunikasi yang difungsikan untuk menyampaikan suatu pesan dari sekolompok
orang yang berkumpul disuatu tempat. Audio memiliki pengertian dalam suatu
sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa
unsur bunyi. Biasanya digunakan memperkeras suara yang semulanya biasanya
menjadi keras. Sedangkan Televisi adalah media
yang dapat menampilkan pesan secara audiovisual dan gerak (sama dengan film),
tetapi bisa ditonton dimana saja dan kapan saja.
V. PENUTUP
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kami semua
dapat menyelesaikan makalah ini dengan tidak ada satu halangan
apapun. Seperti kata pepatah tiada gading yang tak retak, kami sebagai
pemakalah mengakui masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Saran dan kritik pembaca sangat kami harapkan.
Dan akhirnya mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
[1]
Azhar Arsyad,Media
Pembelajaran,hml.42
[2]
Suprijanto, Pendidikan Orang Dewasa,hlm.181-182
[3]
Azhar Arsyad,Media pembelajaran,hlm.44
[5]
Azhar Arsyad,Media Pembelajaran,hlm. 46.
[6]
Suprijanto,Pemdidikan Orang Dewasa,hlm. 177.
[7]
Azhar Arsyad,Media Pembelajaran,hlm. 48.
[8]
Suprijanto,Pendidikan Orang Dewasa,hlm. 176.
[9]
Rusman dkk,Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, hlm. 218.
[10]Rusman
dkk,Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, hlm. 220.
[11]
Rusman dkk,Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi,hlm. 221.
[12]
Azhar Aryad,Media Pembelajaran,hlm. 50.
[13]
Azhar Aryad,Media Pembelajaran,hlm. 51.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar